25 Desember 2009

tubuh manusia

Posted in Kuliah tagged , , , , pada 9:24 oleh zoudha

Coba bayangkan tubuh manusia tanpa tulang? Berarti tubuh kita hanya setumpuk daging, bukan? Tubuh manusia memiliki lebih kurang 206 tulang yang masing-masing dihubungkan dengan persendian.

Ada tiga jenis persendian. Jenis pertama adalah diartrosis, merupakan hubungan antar tulang yang dapat digerakkan dengan bebas. Persendian ini diklasifikasikan menjadi:

  • Sendi peluru, yakni sendi yang dapat bergerak ke segala arah, misalnya yang menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang belikat dan tulang paha dengan tulang pinggul.
  • Sendi pelana, yakni sendi yang dapat melakukan gerakan dua arah, yakni ke depan dan ke belakang atau ke kiri dan ke kanan. Ini adalah jenis sendi yang menghubungkan tulang telapak tangan dengan jari tangan.
  • Sendi putar, yakni persendian yang mampu melakukan gerakan rotasi. Kita dapat melakukan gerakan rotasi kepala karena ada sendi putar yang menghubungkan tulang tengkorak dengan tulang atlas.
  • Sendi geser atau sendi luncur, yakni bentuk hubungan dua tulang yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Bentuk ini dapat ditemui di antara tulang-tulang pergelangan tangan dan kaki.
  • Sendi engsel, yakni jenis persendian yang mampu melakukan gerakan satu arah, sama seperti pintu rumah yang hanya dapat dibuka ke satu arah saja. Sendi ini ada di lutut, siku, dan ruas antarjari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: