8 Januari 2010

Permainan Sepak Bola

Ditulis dalam Kuliah tagged , , , , pada 9:24 oleh zoudha

Sepak bola adalah pemain beregu yang dimainkan masing-masing oleh 11 orang termasuk seorang penjaga gawang. Dalam bermain sepak bola, para pemain mengunakan kemahiran kakinya, kecuali penjaga gawang yang bebas mengunakan semua anggota badannya.

Untuk bermain sepak bola diperlukan lapangan yang rata berbentu empat persegi panjang. Lebar dan Panjang lapangan berbanding 3 dan 4. sebuah bola dari kulit dibutuhkan oleh kedua regu untuk main bersama. Permainan sepak bola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua orang penjaga garis. Tujuan masing-masing regu ialah memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan mempertahankan supaya gawangnya sendiri terhindar dari kemasukan bola oleh lawan.

Permainan sepak bola dilakukan dalam dua babak, yang maisng-masing babak berlangsung selama 45 menit. Pada babak kedua diadakan perpindahan tempat. Parapemain memakai sepatu bola, serta kostum yang berbeda warnanya antara kedua regu, sedangkan penjaga gawang mengunakan kostum khusus dan berbeda dengan para pemain. Pemain sepak bola juga dapat dilakukan dengan kaki telanjang.

  1. Fasilitas dan Perlengkapan Permainan
  1. Lapangan

Lapangan harus segi empat dan tertutup dengan rumput pendek tetapi rapat. Untuk pertandingan pertandinagn internasional, panjang lapangan tidak boleh lebih dari 110 meter dan tidak boleh kurang dari 100 meter. Sedangkan lebar lapangan tidak boleh lebih dari 75 meter dan tidak boleh kurang dari 64 meter. Sekitar lapangan, 4 meter dari garis putih tidak diperkenankan untuk penonton, sebaiknya diberi pagar kawat.

  1. Tanda Batas

Garis-garis batas dari kapur putih harus jelas dengan lebar 12 cm. Bendera sudut dibuat dari bahan yang mudah dilihat. Tinggi tiang bendera tidak boleh kurang dari 1,5 meter. Dari bendera sudut sebagai titik pusat dibuat pada sudut lapangan sebush seperempat linkaran dengan jari-jari 1 yard yang membatasi daerah sudut.

  1. Daerah Gawang

Dua garis masing-masing ditarik tegak lurus dari garis gawang antara tiang gawang dan sudut lapangan pada jarak 5,5 meter dari tiang gawang. Garis itu masing-masing penjang 5.5 meter. Ujung kedua garis itu dihubungkan oleh suatu garis lurus sejajar dengan garis gawang. Empat persegi panjang yang terbentuk oleh garis-garis itu dengan garis gawang disebut daerah gawang.

  1. Daerah Tendangan Hukuman.

Dua garis masing-masing ditarik tegak lurus dari garis gawang antara tiang gawang dan sudut lapangan pada jarak 16,5 meter dari tiang gawang. Garis itu masing-masing penjang 16.5 meter. Ujung kedua garis itu dihubungkan oleh suatu garis lurus sejajar dengan garis gawang. Empat persegi panjang yang terbentuk oleh garis-garis itu dengan garis gawang disebut daerah tendangan hukuman.

Titik tendangan hukuman diukur dari tengah garis gawang tegak lurus dengan garis gawang sengan jarak 11 meter. Dengan titik tendangan hukuman sebagai pusat dan dengan jari-jari 9,15 meter, ditarik suatu busur diluar masing-masing daerah tendangan hukuman. Hanya didalam daerah tendangan hukuman, penjaga gawang boleh memainkan bola dengan tangan.

  1. Gawang

Tinggi gawang 2,44 meter diukur dari tanah sampai sisi bawah palang gawang. Lebar gawang 7,32 meter diukur dari sisi dalam kedua tiang gawang. Tiang gawang dibuat dari kayu atau logam dengan tebal 12 cm dan dicat putih.

Tiang dan palang gawang dapat berbentuk bulat, empat persegi atau setengah bulat. Di belakang gawang dipasang jari-jari pada tiang dan palang gawang dan tanah di belakang gawang tidak mengganggu penjaga gawang bergerak.

  1. Bola

Bola terbuat dari kulit atau bahan yang sejenis dan berbentuk bulat dengan ukuran lingkaran bola tidak lebih dari 71 cm dan tidak boleh kurang dari 68 cm, berat tidak boleh lebih dari 453 gram dan tidak boleh kurang dari 396 gram.

  1. Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan pribadi untuk bermain sepakbola, antara lain:

    1. Sepatu dan kaos kaki
    2. Baju/kaos tim sepak bola (untuk penjaga gawang berbeda)
    3. Pelindung tulang kering
    4. Kaos tangan (khususnya untuk penjaga gawang)
  1. Teknik Dasar Sepak Bola

Secara garis besar, teknik sepak bola dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Teknik Badan, yaitu gerakan-gerakan dalam sepak bola tanpa bola.

  2. Teknik dengan Bola, yaitu gerakan-gerakan dalam sepak bola dengan bola.

    1. Teknik Badan

Teknik badan ditujukan untuk perkembangan kemampuan fisik untuk mencapai kesegaran fisik, agar dapat bermain sebaik-baiknya.

Secara umum unsur-unsur kemampuan fisik terdiri atas:

  1. Kecepatan, yaitu kecepatan lari, kecepatan bereaksi, dan kecepatan bergerak.
  2. Kekuatan, yaitu untuk mengunakan otot-otot yang diperlukan dalam permainan sepak bola, misalnya otot-otot kaki untuk menendang, otot-otot bahu untuk body-charge.
  3. Daya tahan, yaitu daya tahan umum dan daya tahan otot.
  4. Kelincahan, yaitu kecepatan merubah arah, dan gerak tipu dalam permainan sepak bola.
  5. Kelentukan, yaitu kelentukan badan, agar gerakan menjadi mudah dan lues.

Unsur-unsur kemampuan fisik biasanya dikembangkan dalam latihan fisik sebelum melakukan latiahan teknik badan khusus, unsur-unsur teknik badan khusus dalam sepak bola, yaitu cara lari dan mengubah arah, cara melompat, dan gerakan tipu badan tanpa bola.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: